Rabu, 18 Oktober 2017
Home / Artikel / Fun Science!

Fun Science!

 

 

Ekstrakurikuler di SMA Tarsisius Vireta sangat beragam. Berbeda dengan pembahasan ektrakurikuler di MATA edisi-edisi sebelumnya, kali ini, SMA Tarsisius Vireta membuktikan bahwa sekolah tidak hanya mengembangkan bakat fisik peserta didiknya, namun juga bakat intelektual para peserta didik melalui banyak program dan aktivitas, salah satunya math club.

Ekstrakurikuler math club dibagi menjadi 2 pelajaran yang diajarkan yaitu matematika dan fisika. Tenaga pengajarnya berasal dari STKIP Surya. STKIP Surya berperan sebagai partner pengajar SMA Tarsisius Vireta untuk menciptakan Ekstrakurikuler math club.

            Bagaimana sih kondisi kegiatan ekstrakurikuler math club? Berdasarkan observasi, para peserta ekstrakurikuler math club terlihat sangat antusias untuk belajar, dan dengan tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman, para peserta didik dapat mengerti materi-materi yang disampaikan dengan mudah. Kebetulan, semua peserta ektrakurikuler merupakan peserta didik dari jurusan IPA. Kondisi KBM di ekstrakurikuler ini tidak seperti  suasana belajar matematika dan fisika yang biasanya terlihat membosankan oleh khalayak masyarakat. Dengan math club, kita akan terbawa keseruan pelajaran MIPA “Fun Science”. Para tenaga pengajar biasanya sering menyelingi materi dengan cerita-cerita humor yang berhubungan dengan aplikasi MIPA pada kehidupan sehari-hari yang tidak jarang membuat peserta tertawa.

            Bagaimana dengan pendapat dari beberapa peserta ekstrakurikuler Math Club? Valerie Vidian dari 11 IPA 2 menuturkan, “Menurut saya, ektrakurikuler ini sangat menyenangkan karena kita diajari lebih dalam mengenai suatu materi dengan begitu baik, tidak sama dengan tempat-tempat kursus biasa”. Lalu menurut Bernath Jean Pranata dari 11 IPA 1, di math club kita diajarkan tidak hanya rumus, namun kita juga diberi tahu dari mana asal rumus tersebut dengan dibantu aplikasi terhadap konsep ilmunya, seperti kemarin mereka tidak hanya belajar biasa seperti di kelas namun juga diajarkan apa yang kita belum dapatkan di kelas biasa.

            Di Math Club terdapat 2 tenaga pengajar professional, yang pertama ada Lumbantobing, M.sc berumur 35 tahun yang mengajar di bidang fisika. Lalu yang kedua merupakan tenaga pengajar bidang matematika yaitu Surya Wijaya, M.sc..

            Saran untuk para peserta ekstrakurikuler math club dari tenaga pengajar yaitu para peserta didik seharusnya bisa lebih mengetahui keinginan diri terhadap fokusnya ikut ektrakurikuler Fun Science atau mengejar Olimpiade.

            Jadi tunggu apa lagi untuk ikut math club? Kalian tidak perlu takut akan ketinggalan pelajaran, karena math club mengajarkan materi-materinya didasar konsep dan lebih dikembangkan bagaimana persepsi matematika dan fisika yang berbeda dari biasanya, yang tentunya lebih menarik. Kalian akan menjadi antusias dengan berbagai pelajaran yang akan disajikan di math club.(Felix 11 IPA 1; dimuat dlm Majalah Mata edisi 21)