Minggu, 16 Juni 2019
Home / Artikel / Gereja Menghadirkan Kerajaan Allah di Dunia
berjagajaga.wordpress.com

Gereja Menghadirkan Kerajaan Allah di Dunia

Pembicaraan tentang Gereja tidak asing lagi di kalangan umat Kristiani. Gereja dipahami sebagai tempat untuk beribadah. Namun dibalik pemahaman gereja berkaitan dengan fisik, Gereja memiliki pemahaman metafisik. Gereja adalah kita; kita yang percaya kepada Allah karena pembabtisan dan telah menjadi percaya kepada Allah. 

Gereja merupakan umat Allah yang diutus ke tengah dunia untuk melaksanakan tugas perutusan Allah. Gereja memiliki tugas untuk mewartakan dan membawa perdamaian ke seluruh dunia, serta menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di dunia baik itu politik,sosial,agama, dll. 

Gereja juga mengajarkan kepada seluruh umat manusia untuk saling mengasihi satu sama lain tanpa memandang perbedaan serta meningkatkan sikap toleransi  antar umat beragama untuk membentuk satu kesatuan antar umat yang berbeda agama serta mewartakan Kerajaan Allah ke seluruh dunia.

Gereja pun juga menjalani tugas pelayanan bagi seluruh umat manusia, salah satunya yakni mejadi pendoa bagi siapapun dan apapun latarbelakangnya. Gereja juga mengajarkan kepada seluruh umat untuk melayani sesama secara rendah hati dan tidak sombong serta membantu masyarakat yang tidak mampu seperti yang dilakukan Yesus Kristus.

Pada saat ini masalah di dunia sangat banyak sekali seperti peperangan yang terjadi antara palestina dan israel yang disebabkan masalah wilayah kedua negara atau perang antara india dan paskitan yang disebabkan karena perbedaan kepentingan masing-masing negara. Peperangan yang menyebabkan jatuh korban jiwa yang cukup banyak.  

Perbedaan pandangan sosial dan agama di suatu negara menyebabkan terjadinya konflik antar masyarakat yang memiliki perbedaan ras, agama, dan budaya. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya permusuhan antara kelompok yang berbeda ras, agama, dan budaya. 

Perubahan iklim dunia yang sangat cepat yang disebabkan pemanasan global ditambah efek rumah kaca yang membuat bumi semakin panas membuat iklim di dunia bergerak sangat cepat seperti badai topan, kekeringan, dan gelombang panas. Hal ini menjadi bencana yang akan menjadi permasalahan dunia ke depannya.

 Masalah-masalah inilah menjadi tugas Gereja untuk mengatasinya agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan bagi dunia. Gereja menyelesaikan masalah dunia dengan cara membaca tanda-tanda jaman, berpikir kritis dan berusahan menyelesaikan masalah dunia secara damai tanpa adanya kekerasan. 

Gereja melalui Paus selalu membawa pesan perdamaian ke seluruh dunia. Paus selalu berkunjung ke setiap negara setiap tahunnya untuk membawa pesan perdamaian ke seluruh dunia agar menjadi satu-kesatuan masyarakat dunia.

Contohnya, Keuskupan Agung Jakarta yang pada tahun ini menekankan pentingnya sikap toleransi dan satu–kesatuan antar umat beragama. Serta penyelesaian suatu masalah secara damai melalui musyawarah mufakat. 

Karena dapat kita ketahui bahwa tahun 2019 menjadi tahun politik karena adanya pemilihan presiden dan wakil presiden. Hal ini dapat mengundang sejumlah pihak untuk memanfaatkan momen ini untuk menyebarkan hoaks yang dapat memprovokasi masyarakat sehingga terjadinya benturan konflik yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa yang disebabkan adanya perbedaan pilihan setiap warga Indonesia. Maka dari itu Gereja selalu menekankan pentingnya persatuan dan persatuan bagi umat beragama agar terhindar dari konflik antar umat beragama.

Selain itu Gereja juga menyelesaikan masalah-masalah sosial seperti bencana alam, kelaparan, kerusakan lingkungan hidup serta perbedaan agama. Gereja selalu melakukan dialog antar agama setiap tahunnya agar hubungan Gereja dengan agama lainnya semakin erat dalam membangun persatuan dan kesatuan serta sikap toleransi antar umat beragama sehingga menghindari adanya konflik antar umat beragama. 

Gereja juga selalu mengadakan kegiatan sosial agar setiap umat dapat meningkatkan hubungan sosial dengan setiap orang serta membuat umat lebih memperdalam imannnya akan Yesus Kristus dan menyebarkan Kerajaan Allah di masyarakat. 

Tujuan Gereja di dunia adalah untuk mewartakan Kerajaan Allah, menyerukan perdamaian dan meningkatkan kesatuan seluruh umat manusia di dunia untuk selalu bersama. Ketika perdamaian di seluruh dunia terjadi maka terbentuklah Kerajaan Allah di dunia.

Oleh: Ciyong Simanjaya, Siswa SMA Tarsisius Vireta